Berikut pengalaman saya selama mengikuti pembelajaran modul 3.3 “Pengelolaan Program Yang Berdampak Pada Murid”.. Model refleksi yang saya gunakan adalah Model 4F (Facts, Feelings, Findings, Future)/4P (Peristiwa, Perasaan, Pembelajaran, Penerapan).
1. Peristiwa (Fact)
Modul 3.3 membahas tentang Pengelolaan Program Yang Berdampak Pada Murid. Dimulai dari kegiatan pertama, yaitu mulai dari diri. Pada kegiatan ini, yaitu dengan membuat sebuah refleksi terhadap pengalaman belajar di masa lalu untuk menyimpulkan apa yang dimaksud dengan program yang berdampak pada murid. Saya membuat refleksi dengan dituntun oleh tujuh pertanyaan pemantik mengenai program yang pernah saya ikuti dan berdampak pada diri saya. Setelah selesai pada alur mulai dari diri, saya lanjut ke alur eksplorasi konsep. Pada alur ini, saya mengonstruksi pemahaman saya sendiri mengenai program yang berdampak pada murid. Sebelum saya membaca materi tentang program yang berdampak positif pada murid, saya menjawab beberapa pertanyaan pemantik. Setelah itu saya mempelajari materi mengenai kepemimpinan murid, menumbuhkembangkan kepemimpinan murid (suara, pilihan, dan kepemilikan), kepemimpinan murid dan profil pelajar pancasila, lingkungan yang menumbuhkembangkan kepemimpinan murid, serta peran keterlibatan komunitas dalam menumbuhkembangkan kepemimpinan murid. Materi-materi tersebut coba saya pahami supaya saya bisa menerapkannya dalam tugas saya sebagai guru untuk menumbuhkembangkan kepemimpinan murid. Selanjutnya kegiatan eksplorasi konsep forum diskusi. Pada kegiatan ini, saya membaca beberapa situasi yang merupakan contoh kegiatan yang menumbuhkembangkan kepemimpinan murid. Saya juga menganalisis dan memberikan komentar mengenai situasi tersebut. Setelah itu, kami secara berkelompok memilih satu program untuk di masukkan ke forum diskusi. Saya memberi masukan pada program tersebut melalui kolom komentar. Kegiatan MERDEKA pada alur mulai dari diri dan eksplorasi konsep bagi saya sangat bermanfaat karena saya mendapatkan banyak pemahaman dan ilmu dalam pengelolaan sekolah
2. Perasaan (Feelings)
Perasaan saya dalam mempelajari modul 3.3 tentang Pengelolaan Program Yang Berdampak Pada Murid, khususnya pada alur mulai dari diri dan eksplorasi konsep ini yaitu saya merasa sangat senang. Saya merasa senang karena saya mendapatkan ilmu yang baru mengenai pengelolaan sekolah dalam hal ini khususnya program sekolah yang berdampak positif bagi murid. Selain senang, saya juga merasa penasaran. Saya merasa antusias untuk mempelajari alur MERDEKA lainnya dan juga membuat program-program kegiatan yang berdampak positif pada murid.
3. Pembelajaran (Findings)
Setelah mempelajari modul 3.3 tentang Pengelolaan Program Yang Berdampak Pada Murid, saya mendapat pembelajaran mengenai kepemimpinan murid, menumbuhkembangkan kepemimpinan murid (suara, pilihan, dan kepemilikan), kepemimpinan murid dan profil pelajar pancasila, lingkungan yang menumbuhkembangkan kepemimpinan murid, serta peran keterlibatan komunitas dalam menumbuhkembangkan kepemimpinan murid. Dalam modul ini saya mendapatkan pembelajaran bagaimana saya sebagai seorang pemimpin pembelajaran harus bisa menumbuhkembangkan kepemimpinan murid dengan membuat program yang mendukung hal tersebut.
4. Penerapan (Future)
Setelah saya mempelajari modul 3.3 tentang Pengelolaan Program Yang Berdampak Pada Murid, saya akan melaksanakan kegiatan diseminasi mengenai modul ini di sekolah kepada kepala sekolah beserta dewan guru. Kemudian saya akan mencoba membuat program-program berdampak pada murid yang bisa menumbuhkembangkan kepemimpinan murid.
No comments:
Post a Comment