Wednesday, May 17, 2023

Jurnal Refleksi Modul 3.1

Setelah melewati modul 3.1 ini, ada banyak sekali ilmu dan pengalaman baru yang saya peroleh. Untuk merefleksikan kegiatan pembelajaran modul 3.1 tentang Pengambilan Keputusan Berbasis Nilai-nilai Kebajikan sebagai Pemimpin ini, saya akan memaparkannya melalui model 4P, yaitu peristiwa, perasaan, pembelajaran, dan penerapan ke depan.

 

1.     PERISTIWA

Di modul 3.1 ini, saya mendapat wawasan tentang materi Pengambilan Keputusan Berbasis Nilai-nilai Kebajikan sebagai Pemimpin. Kegiatan di LMS ini menggunakan Alur Merdeka. Diawali dengan kegiatan Mulai dari Diri, Eksplorasi Konsep, Ruang Kolaborasi 1, Ruang Kolaborasi 2, Demonstrasi Kontekstual, Elaborasi Pemahaman, Koneksi Antar Materi dan diakhiri dengan Aksi Nyata. 

Pada kegiatan mulai dari diri, disajikan pengetahuan awal tentang proses pengambilan keputusan sebagai pemimpin pembelajaran yang berada di antara berbagai pemangku kepentingan, di antaranya murid, orang tua murid, guru, dan pihak sekolah.

Kegiatan selanjutnya adalah Eksplorasi Konsep, yang membahas tentang prinsip-prinsip etika berdasarkan pada nilai-nilai kebajikan universal yang disepakati dalam lingkungan pribadi maupun tempat kerja, keterkaitan nilai-nilai kebajikan yang disepakati dan diyakini dalam proses pengambilan keputusan dilema etika, bersikap reflektif, kritis, dan terbuka dalam menganalisis nilai-nilai kebajikan yang terkandung dalam sebuah pengambilan keputusan dilema etika.

Selanjutnya dalam alur Ruang kolaborasi yang dipandu oleh Bapak Ahmad Mufid selaku fasilitator, kami berdiskusi bersama rekan CGP untuk menentukan salah satu kasus  dilema etika yang pernah kami alami yang kemudian dijadikan topik dalam praktik pengambilan keputusan pada sesi berikutnya.  

Dalam alur demonstrasi kontekstual, kami melakukan wawancara dengan beberapa pimpinan satuan pendidikan tentang praktik pengambilan keputusan yang selama ini  telah diterapkan di sekolah masing-masing. Hasil wawancara ini dianalisis berdasarkan konsep yang telah dipelajari pada modul 3.1 ini, dan selanjutnya dijadikan sebuah refleksi atas praktik pengambilan keputusan dilema etika.

Alur berikutnya adalah Elaborasi pemahaman yang dilaksanakan secara sinkronus via google meet bersama instruktur untuk menguatkan pemahaman yang telah dipelajari  tentang konsep pengambilan keputusan, paradigma, prinsip, dan langkah-langkah pengambilan serta pengujian keputusan.

Untuk alur Koneksi antar materi, kami menyusun keterkaitan antar materi pada modul 3.1 dengan modul - modul sebelumnya. Selain itu kami juga melakukan refleksi pemahaman terkait pengambilan keputusan bernilai kebajikan.

Alur yang terakhir yaitu Aksi nyata, kami diminta melakukan praktik proses pengambilan keputusan, paradigma, prinsip, dan langkah-langkah pengambilan serta pengujian keputusan di satuan pendidikan masing-masing.

 

2.     Perasaan

Sebelum mempelajari modul ini, saya belum memahami prinsip dan tahapan pengambilan keputusan Namun, setelah mengikuti alur eksplorasi konsep dan ruang kolaborasi, saya mulai memahami bahwa pengambilan sebuah keputusan harus memperhatikan 4 paradigma pengambilan keputusan, 3 prinsip pengambilan keputusan, dan 9 langkah pengambilan dan pengujian keputusan sehingga nantinya dapat menghasilkan keputusan yang tepat dan bijaksana


3.     Pembelajaran

Saya mempelajari bahwa keputusan yang kita ambil harus berdasarkan pada tiga unsur yaitu berpihak pada murid, berdasarkan nilai-nilai kebajikan universal, dan bertanggung jawab terhadap segala konsekuensi dari keputusan yang diambil.

Apabila keputusan yang telah kita ambil keduanya bernilai benar itu merupakan situasi dilema etika sedangkan situasi ketika seseorang mengambil sebuah keputusan antara benar dan salah disebut situasi Bujukan Moral.


4.     Penerapan ke Depan

Setelah mempelajari modul 3.1, ketika dihadapkan pada sebuah peristiwa pengambilan keputusan, saya akan menerapkan 4 paradigma pengambilan keputusan, 3 prinsip pengambilan keputusan, dan 9 langkah pengambilan serta pengujian keputusan. Diharapkan dengan langkah-langkah tersebut, keputusan yang diambil menjadi keputusan yang tepat dan membawa dampak yang baik sehingga dapat menciptakan lingkungan sekolah yang kondusif, aman, dan nyaman.


No comments:

Post a Comment

Jurnal Refleksi Modul 3.3 (3 / terakhir)

  Berikut jurnal refleksi dwi mingguan terakhir. Model refleksi yang saya gunakan adalah Model 4F  (Facts, Feelings, Findings, Future)/4P (P...