Wednesday, May 17, 2023

Forum Diskusi - Modul 3.1

 Tujuan Pembelajaran Khusus : CGP mampu menganalisis pengambilan keputusan berdasarkan 4 paradigma, 3 prinsip, serta 9 langkah pengambilan dan  pengujian keputusan dalam studi kasus yang mereka dapatkan dan memberi tanggapan pada studi kasus CGP lainnya dan bersikap reflektif, kritis, dan kreatif dalam proses tersebut.

CGP akan mendalami materi melalui studi kasus. Para CGP akan membaca  studi kasus untuk kemudian memilih 1 kasus untuk dianalisis. Setiap CGP perlu memberikan minimal dua komentar/tanggapan terhadap hasil analisis CGP lainnya yang diunggah di LMS.

Pak Frans merupakan guru matematika di SMP Karunia. Pak Frans dikenal sebagai guru yang rajin, ramah, penyabar, dan disukai murid-muridnya. Suatu hari ia sedang mengajar di kelas 8A, guru piket tergopoh-gopoh tiba di depan kelasnya dan mengatakan ada ayahnya Andreas, salah satu murid di kelas 8A di ruang tamu sekolah. Guru piket mengatakan pada pak Frans bahwa ayahnya Andreas ingin menjemput Andreas dan memintanya untuk membantunya bekerja di ladang. Ia juga mengatakan bahwa ayah Andreas datang sambil marah-marah bahkan mengacung-acungkan parang.  Pak Frans pun memanggil Andreas dan mengatakan bahwa ia dijemput ayahnya pulang. Andreas langsung memohon sambil menangis agar Pak Frans tidak mengizinkan ia pulang bersama ayahnya. Andreas berkata ia ingin belajar di sekolah dan ia takut dimarah-marahi oleh ayahnya bila membantu ayahnya di ladang, bila melakukan kesalahan sedikit saja.  Pak Frans bimbang, antara memenuhi permintaan Andreas atau tidak.  Dalam situasi dan kondisi seperti itu, akhirnya Pak Frans memutuskan untuk membawa Andreas ke ruang kepala sekolah, dan meminta saran dari kepala sekolah.  Bila Anda adalah kepala sekolahnya, saran apa yang akan anda berikan pada Pak Frans, dan apa alasannya?

Analisis studi kasus 1:

1. Jika situasinya adalah situasi dilema etika, paradigma mana yang terjadi pada situasi tersebut? Apa nilai-nilai yang saling bertentangan dalam studi kasus tersebut?

Paradigma keadilan lawan rasa kasihan, Nilai yang bertentangan adalah tanggung jawab dan kedisiplinan

2. Apakah ada unsur pelanggaran hukum dalam situasi tersebut? (Uji legal).

Ada pelanggaran hukum, yaitu pengancaman dengan membawa senjata tajam ke sekolah oleh orang tua Andreas

3. Apakah ada pelanggaran peraturan/kode etik profesi dalam kasus tersebut? (Uji regulasi).

Ada pelanggaran peraturan, yaitu ayah Andreas datang dengan emosi dan membawa senjata tajam ke sekolah untuk menjemput Andreas sebelum waktunya.

4. Berdasarkan perasaan dan intuisi Anda, apakah ada yang salah dalam situasi ini? (Uji intuisi).

Uji intuisi pada kasus ini yang salah adalah orang tua Andreas yang melakukan pengancaman dan kekerasan terhadap anak.

5. Apa yang Anda rasakan bila keputusan Anda dipublikasikan di media cetak/elektronik atau menjadi viral di media sosial? Apakah Anda merasa nyaman?

Nyaman. Karena keputusan yang diambil sudah sesuai dengan peraturan yang berlaku.

6. Kira-kira, apa keputusan yang akan diambil oleh panutan/idola Anda dalam situasi ini?

Keputusan yang akan diambil menurut tokoh idola saya adalah dengan melakukan dialog dan berusaha meredam emosi orang tua Andreas, kemudian mengomunikasikan permasalahan tersebut dan berusaha menemukan solusinya bersama.

7. Apakah ada sebuah penyelesaian yang kreatif dan tidak terpikir sebelumnya untuk menyelesaikan masalah ini (Investigasi Opsi Trilemma)?

Mengajak orang tua Andreas untuk memahami hak-hak anak di sekolah, rumah, dan lingkungannya

8. Apa keputusan yang Anda ambil?

Keputusan yang diambil adalah dengan mengomunikasikan dengan baik-baik bahwa membawa senjata tajam dan mengancam anak merupakan bentuk pelanggaran hukum. Tugas anak adalah belajar, jika harus membantu orang tua dapat menggunakan waktu di luar jam sekolah.

9. Prinsip mana yang Anda gunakan, dan mengapa?

Prinsip yang saya lakukan adalah prinsip Berpikir Berbasis Peraturan (Rule­ Based Thinking), yaitu orang tua sebaiknya mengikuti peraturan sekolah, memikirkan hak anak untuk belajar, dan tidak membawa senjata tajam ke sekolah.


No comments:

Post a Comment

Jurnal Refleksi Modul 3.3 (3 / terakhir)

  Berikut jurnal refleksi dwi mingguan terakhir. Model refleksi yang saya gunakan adalah Model 4F  (Facts, Feelings, Findings, Future)/4P (P...