CGP diminta menjawab beberapa pertanyaan di bawah ini untuk melihat sejauh mana pengetahuan peserta tentang materi kali ini.
Mengingat-ingat ekosistem, bayangkan sekolah atau salah satu sekolah tempat Bapak dan Ibu bertugas.Apa bagian-bagian yang ada dari sekolah tersebut sebagai sebuah ekosistem?
Guru, murid, sarana dan prasarana, kurikulum, orang tua, lokasi sekolah.
Apa saja yang bisa Anda sebut sebagai sumber daya yang dimiliki atau dapat dimanfaatkan oleh sekolah?Perhatikan untuk tidak terpaku pada hal-hal yang kelihatan.
Sumber daya yang dimiliki sekolah, antara lain sumber daya manusia (guru, murid, kepala sekolah, tenaga kependidikan), sarana dan prasarana sekolah seperti ruang kelas, laboratorium, perpustakaan. Selain itu sumber daya lain yang bisa dimanfaatkan sekolah, yaitu teknologi/sumber daya digital, jaringan/kemitraan, serta sumber daya alam/lingkungan sekolah.
Refleksikan sosok pemimpin atau kepala sekolah yang memimpin sekolah tersebut.Apa hal-hal yang paling diingat dari sosok pemimpin tersebut, terkait dengan perannya di ekosistem sekolah serta pelibatan/pemanfaatan sumber daya yang ada?
Hal yang saya ingat dari sosok pemimpin tersebut adalah pemimpin tersebut berusaha memaksimalkan segala potensi sumber daya yang dimiliki sekolah. Misalnya mendorong guru untuk aktif meningkatkan kompetensi mengajar, membangun kemitraan dengan komunitas sekitar, mendukung murid dalam perlombaan, dll.
Jadi, seperti apa peran pemimpin yang ideal itu, khususnya dalam hal memanfaatkan semua bagian dari ekosistem dan mengelola sumberdaya yang ada di dalam dan sekitar sekolah?
Pemimpin yang ideal harus mampu mengoptimalkan sumber daya yang ada untuk mendukung tujuan pendidikan, menciptakan inovasi, dan menggerakkan komunitas sekolah untuk memaksimalkan potensi yang dimiliki.
Silakan refleksikan, posisi diri Bapak dan Ibu dalam ekosistem sekolah.Sejauh mana Bapak Ibu sebagai guru atau peran lainnya telah memanfaatkan sumber daya sekolah?
Sebagai seorang pendidik dalam ekosistem sekolah, saya berusaha untuk memaksimalkan potensi yang saya miliki dengan mengikuti pelatihan pengembangan kompetensi guru, berdiskusi dengan rekan sejawat, serta memaksimalkan sarana dan prasarana yang ada di sekolah dalam kegiatan pembelajaran.
Apa saja harapan pada diri Bapak dan Ibu sebagai seorang pendidik, pemimpin, dan pada murid setelah mempelajari modul ini?
Setelah mempelajari modul ini, saya berharap:
1. Diri sendiri: mampu memetakan berbagai sumber daya yang ada di sekolah serta memaksimalkan segala potensi yang ada di dalamnya.
2. Murid: mampu mengembangkan potensi yang mereka miliki dan memanfaatkan sumber daya yang ada di sekolah dengan baik.
3. Sekolah: mampu mengelola sumber daya yang dimiliki secara efektif dan efisien.
Apa saja kegiatan, materi, manfaat, yang Bapak dan Ibu harapkan ada dalam modul ini?
1. materi yang diharapkan: cara memetakan dan menganalisis sumber daya di sekolah dan strategi pengelolaannya
2. manfaat yang diharapkan: dapat memahami, mengevaluasi, dan memaksimalkan potensi sumber daya yang dimiliki oleh sekolah.
Berikut jurnal refleksi dwi mingguan terakhir. Model refleksi yang saya gunakan adalah Model 4F (Facts, Feelings, Findings, Future)/4P (P...
No comments:
Post a Comment