- Apa yang dapat saya ceritakan mengenai salah SATU dari nilai-nilai GP (berpihak pada murid, inovatif, kolaboratif, reflektif, dan mandiri) yang telah membantu saya dalam melayani murid saya dengan lebih baik?. Tuliskan dalam bentuk narasi singkat untuk berbagi dalam kelompok dalam tahap Ruang Kolaborasi.
- Apa saja 10 kegiatan di sekolah yang saya anggap masuk sebagai contoh penerapan dari peran GP yang saya pahami saat ini (pemimpin pembelajaran, pendorong kolaborasi, penggerak komunitas praktisi, mewujudkan kepemimpinan murid, menjadi coach bagi rekan guru)?. Buatlah daftarnya untuk digunakan saat berbagi ide dalam kelompok dalam tahap Ruang Kolaborasi.
1. Salah satu dari nilai-nilai guru penggerak yang membantu saya dalam melayani murid saya adalah berpihak pada murid. Dalam pembelajaran mengidentifikasi unsur-unsur teks berita, saya memfasilitasi kegiatan pembelajaran dengan menyediakan koran sebagai media pembelajaran. Hal tersebut saya lakukan karena siswa sering kali merasa bosan dan jenuh pada contoh-contoh teks yang terdapat di dalam buku paket/buku siswa. Dengan menggunakan koran tersebut, saya membebaskan siswa untuk belajar menemukan sendiri teks berita yang paling menarik bagi mereka, menganalisis unsur-unsurnya, lalu menggunting dan menempelnya di kertas hvs berwarna untuk selanjutnya ditempel bersama di mading kelas. Saya berusaha menuntun dan mendampingi murid dalam mencapai tujuan pembelajaran dengan memberikan ruang gerak bagi murid untuk berkreasi dalam membuat tugas.
2. 10 kegiatan di sekolah yang saya anggap masuk sebagai contoh penerapan dari peran guru penggerak, antara lain:
- Memfasilitasi kegiatan pembelajaran yang menyenangkan dan berpusat pada siswa
- Mendampingi siswa dalam kegiatan pembiasaan sholat dhuha dan membaca surat pendek sebelum pembelajaran dimulai
- Mendampingi siswa dalam kegiatan Jumat sehat dan Jumat bersih
- Berkolaborasi bersama tim dalam Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila, dengan tema “Suara demokrasi” dengan kegiatan “Pemilihan Ketua dan Wakil Ketua OSIS”
- Membimbing calon ketua dan wakil ketua osis dalam menyusun visi dan misi mereka
- Berkolaborasi dengan rekan sejawat dalam pembuatan perangkat pembelajaran dan soal-soal sumatif
- Mendampingi siswa dalam berlatih mempersiapkan lomba antar kelas (dalam rangka HUT RI, maulid nabi, dll)
- Menjadi guru pamong dalam membimbing program asistensi mengajar yang dilaksanakan oleh mahasiswa Universitas Trunojoyo Madura
- Membimbing siswa dalam lomba membaca puisi antar sekolah
- Sebagai wali kelas, menjalin komunikasi dengan wali murid mengenai perkembangan putra/putri mereka di sekolah
No comments:
Post a Comment