Wednesday, April 19, 2023

Mulai dari Diri - Modul 2.1

 

Mengelola Kelas dan Memenuhi Kebutuhan Belajar Murid yang Berbeda-beda



Pertanyaan Pemantik:

  1. Bagaimana seorang guru dapat mengelola kelas dan memenuhi kebutuhan belajar murid-muridnya  yang berbeda-beda?

Jawaban:

Guru terlebih dahulu harus dapat mengamati setiap murid yang ada di kelas dan melakukan asesmen diagnostik awal untuk mengetahui karakteristik masing-masing murid. Hal tersebut menjadi langkah awal yang penting karena setiap murid memiliki bakat, minat, potensi, dan latar belakang yang berbeda. Setelah melakukan asesmen dan pengamatan, maka guru dapat merancang metode pembelajaran yang sesuai untuk diterapkan pada masing-masing murid di kelas, misalnya dengan membuat kelompok-kelompok berdasarkan minat, bakat, atau karakteristik mereka masing-masing.


Refleksi Mandiri:

  • Apa yang telah Anda lakukan untuk melayani kemampuan murid yang berbeda? Apa yang Anda lakukan untuk membuat proses pembelajaran menjadi lebih mudah untuk murid Anda? Apakah ada perlakuan yang berbeda yang Anda lakukan?  Jika ada, perlakuan seperti apa? Jika tidak ada, apa dampaknya terhadap murid Anda?

Jawaban:

Jumlah murid yang banyak dengan perbedaan karakteristik membuat guru harus mampu membaca dan memahami gaya belajar murid guna memenuhi kebutuhan murid itu sendiri agar tujuan dari pembelajaran berhasil. 

Saya mengelompokkan murid berdasarkan kemampuannya, selanjutnya saya memfokuskan pada murid dengan kemampuan sedang dan kurang tanpa mengabaikan murid berkemampuan pandai. Bagi murid dengan kategori pandai, saya akan memberikan kegiatan pengayaan. 

Banyak tantangan yang muncul, namun sebagai seorang pendidik saya berusaha mengelola kelas dengan baik sehingga  tujuan pendidikan dapat tercapai. Salah satu tantangan itu adalah menghadapi murid dengan gaya belajar yang berbeda-beda sehingga jika semua murid diberikan kegiatan pembelajaran yang sama maka pembelajaran tidak akan berhasil, sehingga saya harus merancang kegiatan pembelajaran yang disesuaikan dengan kebutuhan murid. 

Setiap selesai pembelajaran saya selalu mengevaluasi kegiatan pembelajaran saya. Kemudian saya perbaiki kekurangan atau apa saja yang saya anggap kurang untuk selanjutnya saya rancang kegiatan di pembelajaran berikutnya bahkan tidak segan-segan saya merancang kegiatan pembelajaran yang berbeda. Saya selalu mencoba metode pembelajaran untuk dapat diterapkan di kelas. 


  • Sebutkan tantangan-tantangan yang Anda hadapi dalam proses pembelajaran di kelas yang disebabkan oleh keragaman murid-murid Anda tersebut? Tindakan-tindakan apa yang telah Anda lakukan untuk mengatasi tantangan-tantangan tersebut?

Jawaban:

Tantangan yang dihadapi adalah selain minat dan bakat murid yang berbeda, beberapa murid ada yang memerlukan bimbingan khusus karena kesulitan memahami suatu materi.  Dalam menangani kemampuan murid yang berbeda tersebut, saya terlebih dahulu mencari tahu penyebab kesulitan murid tersebut dengan melakukan asesmen diagnostik, kemudian menggunakan metode yang tepat untuk menangani kesulitan murid tersebut.


  • Menurut Anda, untuk mengakomodasi tantangan yang terkait dengan keragaman murid tersebut, bagaimana seharusnya pembelajaran itu dirancang, dilaksanakan, dan dievaluasi?

Jawaban:

Pembelajaran harus dirancang dengan menggunakan strategi dan metode yang sesuai dengan karakteristik masing-masing murid agar pembelajaran lebih bermakna bagi murid. Dalam pelaksanaannya, guru dapat membuat kelompok-kelompok berdasarkan minat dan bakat masing-masing murid, kemudian memfasilitasi murid dengan berusaha menggali potensi murid yang berbeda-beda. Setelah pembelajaran selesai, guru melakukan evaluasi dan refleksi yang dapat dilakukan mandiri maupun sharing dengan rekan guru lain mengenai pembelajaran berdiferensiasi yang telah dilakukan.

No comments:

Post a Comment

Jurnal Refleksi Modul 3.3 (3 / terakhir)

  Berikut jurnal refleksi dwi mingguan terakhir. Model refleksi yang saya gunakan adalah Model 4F  (Facts, Feelings, Findings, Future)/4P (P...