Pertanyaan untuk diskusi daring:
1. Informasi atau fakta apa yang disampaikan dalam video dan artikel tersebut?
Jawaban:
a. Video I
Video pertama menjelaskan tentang aspek yang harus dipertimbangkan dalam merancang pembelajaran berdiferensiasi, yaitu kesiapan, minat, dan profil belajar murid. Ada tiga strategi pembelajaran diferensiasi, antara lain:
1) Diferensiasi konten
Diferensiasi konten adalah apa yang akan diajarkan kepada murid berdasarkan kesiapan, minat, dan profil belajar murid.
2) Diferensiasi proses
Ada beberapa cara untuk menentukan diferensiasi proses, yaitu melaksanakan kegiatan berjenjang, menyediakan pertanyaan pemandu atau tantangan, membuat agenda individu, memvariasikan durasi waktu pengerjaan tugas, mengembangkan kegiatan pembelajaran berdasarkan profil belajar murid, dan menggunakan kelompok yang fleksibel sesuai dengan kesiapan, kemampuan, dan minat murid.
3) Diferensiasi produk
Diferensiasi produk merupakan hasil pekerjaan atau unjuk kerja dari proses belajar murid, bisa berupa hasil tes, presentasi, diskusi, pertunjukan, pidato, video, poster, dan lain-lain.
b. Video II
Video kedua memaparkan tentang lingkungan belajar yang efektif yang dibangun melalui komunitas belajar (learning community), antara lain:
1. Setiap orang dalam kelas akan menyambut dan disambut dengan baik
2. Setiap orang di dalam kelas saling menghargai
3. Murid akan merasa aman secara psikis dan fisik.
4. Ada harapan bagi pertumbuhan
5. Guru mengajak murid untuk mencapai kesuksesan.
6. Ada keadilan dalam bentuk nyata
7.Guru dan murid berkolaborasi untuk mencapai pertumbuhan dan kesuksesan bersama.
c. Artikel:
Guru dapat diibaratkan sebagai seorang dokter saat mendiagnosis pasiennya. Tindakan yang akan dilakukan dokter tentunya berdasarkan hasil diagnosisnya. Begitu pula dengan guru, sebelum melaksanakan pembelajaran, guru harus memahami kebutuhan belajar murid. Dalam praktik pembelajaran berdiferensiasi, proses penilaian memegang peranan yang sangat penting. Ada 3 jenis perspektif penilaian, yaitu:
1. Assessment for learning - Penilaian yang dilakukan selama berlangsungnya proses pembelajaran.
2. Assessment of learning - Penilaian yang dilaksanakan setelah proses pembelajaran selesai. Berfungsi sebagai penilaian sumatif
3. Assessment as learning - Penilaian sebagai proses belajar dan melibatkan murid-murid secara aktif dalam kegiatan penilaian tersebut. Penilaian ini juga dapat berfungsi sebagai penilaian formatif.
Dalam praktik pembelajaran berdiferensiasi, penilaian formatif memegang peranan yang sangat penting. Selain dalam bentuk tes tertulis, berikut beberapa contoh penilaian formatif lainnya:
a. Tiket keluar
b. Tiket masuk
c. Berbagi 30 detik
d. Nama dalam toples
e. 3-2-1
f. Refleksi
g. Pojok pemahaman
h. Strategi 5 jari
2. Gagasan baru apa yang Anda dapatkan dari video dan artikel yang Anda lihat?
Jawaban:
Sebagai seorang guru, saya perlu menerapkan pembelajaran berdiferensiasi dengan terlebih dahulu melakukan pemetaan kebutuhan murid berdasarkan kesiapan, minat dan profil murid, serta mencoba merancang dan melaksanakan pembelajaran berdiferensiasi dengan strategi diferensiasi konten, proses, dan produk. Selain itu saya juga akan mencoba mengondisikan lingkungan belajar yang mendukung pembelajaran diferensiasi dan melakukan penilaian formatif dalam pembelajaran berdiferensiasi dengan cara-cara yang kreatif.
3. Apakah yang menurut Anda akan sulit diimplementasikan? Mengapa?
Jawaban:
Menurut saya yang akan sulit diimplementasikan adalah proses pemetaan kebutuhan belajar murid, yaitu memahami tingkat kesiapan, minat belajar, serta profil belajar murid yang berbeda-beda. Hal tersebut merupakan langkah awal sebelum melakukan pembelajaran berdiferensiasi, sehingga butuh upaya yang maksimal agar guru dapat memetakan kebutuhan belajar murid dengan tepat.
4. Pertanyaan apakah yang masih Anda miliki atau klarifikasi apakah yang masih Anda perlukan terkait dengan isi video dan artikel tersebut?
Jawaban:
a. Bagaimana cara menentukan kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran dalam penerapan pembelajaran berdiferensiasi?
b. Bagaimana bentuk perangkat pembelajaran baik RPP maupun rublik penilaian pembelajaran diferensiasi?
No comments:
Post a Comment