Sunday, December 25, 2022

Jurnal Refleksi Dwi Mingguan - Modul 1.4 Budaya Positif

 Alhamdulillah, Materi dalam modul 1.4 sangat menarik dan membuka wawasan saya mengenai penerapan budaya positif di sekolah. Untuk merefleksikan kegiatan pembelajaran modul 1.4 tentang budaya positif ini, saya akan memaparkannya melalui model 4F/4P, yaitu Facts (peristiwa), Feelings (perasaan), Findings (pembelajaran), dan Future (penerapan ke depan). Berikut refleksi saya terkait pembelajaran modul 1.4 tentang budaya positif:


1. Facts (Peristiwa)

Tepatnya tanggal 6 Desember 2022 pembelajaran pada modul 1.4 tentang budaya positif dimulai. Kegiatan dimulai dengan belajar secara mandiri melalui LMS yaitu “Mulai dari Diri” serta mempelajari materi secara mandiri melalui “Eksplorasi Konsep” serta menjawab pertanyaan dan tugas mandiri yang disajikan di dalamnya. Materi di dalam “Eksplorasi Konsep” yang sangat beragam dan kompleks membuat saya harus pandai membagi waktu dengan tugas saya sebagai guru maupun ibu rumah tangga. Namun demikian, Materi yang luar biasa banyak di dalam “Eksplorasi Konsep” disajikan dengan sangat menarik, begitu pula dengan tugas mandirinya yang didesain seperti kuis yang memiliki skor tertentu, sehingga ketika saya belajar dan menjelajahi “Eksplorasi Konsep”, saya tidak merasa bosan, bahkan sangat bersyukur karena ilmu yang terdapat di dalamnya benar-benar memberikan pencerahan bagi seorang guru seperti saya. Kegiatan selanjutnya adalah “Ruang Kolaborasi” yang dipimpin langsung oleh Bapak Ahmad Mufid selaku fasilitator kami. Dalam Gmeet “Ruang Kolaborasi” kelas kami dibagi menjadi 4 kelompok yang mendiskusikan 4 kasus berbeda mengenai penerapan budaya positif di sekolah melalui peran kontrol serta langkah segitiga restitusi. Kemudian dilanjutkan kegiatan “Demonstrasi Kontekstual, “Elaborasi Pemahaman”, “Koneksi Antar Materi”, dan “Aksi Nyata”, yang di dalamnya memuat ilmu dan penugasan untuk mengimplementasikan budaya positif di sekolah.

Saat mempelajari modul 1.4, momen yang paling menantang bagi saya, yaitu: yang pertama, berusaha menyelesaikan tugas-tugas di LMS dengan menyesuaikan jadwal mengajar di sekolah serta kewajiban saya sebagai ibu rumah tangga. Yang kedua, merupakan tantangan bagi saya untuk dapat menerapkan teori praktis yang di dapat dari LMS, yaitu menerapkan langkah segitiga restitusi dan posisi kontrol sebagai manajer untuk menyelesaikan permasalahan yang dihadapi oleh murid saya di sekolah.


2. Feelings (Perasaan)

Pembelajaran pada modul 1.4 tentang budaya positif ini, bagi saya merupakan pembelajaran yang menarik sekaligus memiliki banyak tantangan positif di dalamnya. Setelah mempelajari modul 1.4 tentang budaya positif tentunya saya merasa senang karena saya dapat belajar menerapkan segitiga restitusi dalam penanganan kasus yang dihadapi murid di sekolah saya. Dengan segitiga restitusi ini, murid dapat menyelesaikan masalahnya sendiri sesuai dengan keyakinan yang telah dibuat bersama dengan teman-temannya. Selain itu, saya juga dapat memosisikan diri saya sebagai seorang manajer sesuai teori lima posisi kontrol dalam menangani sebuah kasus atau permasalahan murid.


3. Findings (Pembelajaran)

Materi yang terdapat dalam modul 1.4, antara lain: (1) Disiplin Positif dan Nilai-nilai Kebajikan Universal, (2) Teori Motivasi, Hukuman dan Penghargaan, Restitusi, (3) Keyakinan Kelas, (4)  Kebutuhan Dasar Manusia dan Dunia Berkualitas, (5) Restitusi - Lima Posisi Kontrol, (6) Restitusi - Segitiga Restitusi. Sebelum mempelajari Modul 1.4, saya belum memahami tentang bagaimana cara efektif menangani kasus atau permasalahan yang dialami murid, setelah mempelajari modul 1.4 ini saya mendapat pembelajaran mengenai cara menerapkan segitiga restitusi di posisi manajer agar dapat menghasilkan murid yang bertanggung jawab, mandiri, dan merdeka.


4. Future ( Penerapan )

Setelah mempelajari dan memahami modul 1.4 tentang budaya positif, saya akan berusaha untuk dapat menerapkan teori-teori dalam modul tersebut di sekolah saya. Rencana tindak lanjut yang akan saya lakukan adalah membangun komitmen diri untuk menerapkan budaya positif di sekolah dimulai dari diri saya sendiri, kemudian melakukan kolaborasi dengan berbagai pihak untuk membiasakan murid memiliki disiplin dan budaya positif sehingga dapat mewujudkan murid yang berkarakter profil pelajar Pancasila.

***

No comments:

Post a Comment

Jurnal Refleksi Modul 3.3 (3 / terakhir)

  Berikut jurnal refleksi dwi mingguan terakhir. Model refleksi yang saya gunakan adalah Model 4F  (Facts, Feelings, Findings, Future)/4P (P...