Alhamdulillah setelah melewati modul 1.3 ini, semakin bertambah wawasan dan pengalaman baru yang saya peroleh. Untuk merefleksikannya, saya akan memaparkannya melalui model 4P, yaitu peristiwa, perasaan, pembelajaran, dan penerapan ke depan.
PERISTIWA
Di modul 1.1, saya memahami tentang filosofi Pendidikan Ki Hadjar Dewantara yang masih sangat relevan diterapkan pada saat ini. Di modul 1.2, saya memahami tentang nilai dan peran guru penggerak. Pada modul berikutnya, yaitu modul 1.3, saya belajar memahami tentang visi guru penggerak. Seperti pada modul 1.1 dan 1.2, modul 1.3 juga melewati beberapa tahapan kegiatan, yaitu Mulai dari diri, Eksplorasi konsep, Ruang kolaborasi, Demonstrasi kontekstual, Elaborasi pemahaman, Koneksi antar materi dan Aksi nyata. Modul 1.3 membahas bagaimana cara merumuskan sebuah visi dan mengupayakan pencapaiannya melalui prakarsa perubahan yang positif dan apresiatif melalui metode BAGJA. Momen yang menarik dan menantang bagi saya dalam modul 1.3 ini, yaitu pada saat saya diminta untuk menggambarkan imaji tentang murid saya di masa depan. Bagi saya hal tersebut sangat menarik sekaligus menantang karena berusaha melukiskan imaji tentang harapan saya terhadap murid saya di masa depan melalui sebuah gambar yang positif.
PERASAAN
Alhamdulillah, pembelajaran di modul 1.3 dapat terlaksana dengan baik. Banyak ilmu dan wawasan baru lagi yang saya dapatkan dari modul ini, terutama bagaimana cara merumuskan visi guru penggerak. Dari semua tahapan kegiatan yang sudah saya lalui di modul 1.3 ini, saya merasa bahagia dan bersyukur karena telah mendapat ilmu dari Fasilitator, Pengajar Praktik, dan Instruktur, serta rekan CGP lain yang sangat hebat dan luar biasa, yang senantiasa berbagi pengalaman baik dan saling memotivasi.
PEMBELAJARAN
Sebelum mempelajari modul 1.3, saya belum memahami tentang bagaimana cara merumuskan sebuah visi yang baik. Namun setelah mempelajari modul ini, saya mendapat ilmu baru tentang bagaimana cara menyusun visi dan kalimat prakarsa perubahan dengan pendekatan inkuiri apresiatif, yaitu sebuah pendekatan kolaboratif untuk mengetahui kondisi suatu organisasi atau komunitas dalam mengembangkan perilaku suatu organisasi melalui pengajuan pertanyaan yang tersusun dalam tahapan BAGJA dan dijalankan dalam suasana yang positif dan apresiatif. Lima tahapan utama BAGJA tersebut, yaitu Buat pertanyaan, Ambil pelajaran, Gali mimpi, Jabarkan rencana, dan Atur eksekusi. Untuk mewujudkan sebuah perubahan yang positif tidak selalu diawali dengan mengidentifikasi permasalahan yang ada, tetapi difokuskan pada kekuatan yang telah dimiliki melalui pemikiran yang positif.
PENERAPAN KE DEPAN
Yang akan saya lakukan setelah mempelajari modul 1.3 ini adalah saya akan berusaha untuk menerapkan visi yang telah saya susun dengan berkolaborasi dengan rekan guru lain dan wali murid, agar visi tersebut dapat terwujud di waktu mendatang, serta melakukan evaluasi dan refleksi pada akhir setiap kegiatan.
No comments:
Post a Comment