Wednesday, November 23, 2022

Jurnal Refleksi Dwi Mingguan - Modul 1.2

Setelah melewati modul 1.2 ini, ada banyak sekali ilmu dan pengalaman baru yang saya peroleh. Untuk merefleksikan kegiatan pembelajaran modul 1.2 tentang nilai dan peran guru penggerak ini, saya akan memaparkannya melalui model 4P, yaitu peristiwa, perasaan, pembelajaran, dan penerapan ke depan.

 

PERISTIWA

Modul 1.2 membahas bagaimana manusia tergerak, diawali dari cara kerja otak yang menggunakan sistem berpikir cepat dan lambat. Dalam penerapannya, guru adalah manusia yang selalu berusaha untuk menggerakkan manusia lainnya. Oleh karena itu, guru harus terlebih dahulu sadar bagaimana dirinya tergerak, kemudian memengaruhi dirinya sendiri untuk bergerak. Selanjutnya,  dalam Modul 1.2 kami mempelajari 5 Kebutuhan Dasar Manusia, yaitu :

  • Kebutuhan Bertahan Hidup
  • Kasih sayang dan Rasa Diterima
  • Kekuasaan dan Penguasaan
  • Kebebasan (Kebutuhan Akan Pilihan)
  • Kesenangan (Kebutuhan untuk merasa senang)

Melalui modul 1.2 ini, saya juga belajar mengenai nilai dan peran guru penggerak. Nilai guru penggerak, antara lain berpihak pada murid, reflektif, mandiri, kolaboratif dan inovatif. Peran guru penggerak, antara lain menjadi pemimpin pembelajaran, menjadi coach bagi guru lain, mendorong kolaborasi, mewujudkan kepemimpinan murid, dan menggerakkan komunitas praktisi. Nilai dan peran guru penggerak diimplementasikan untuk mencapai merdeka belajar dan mewujudkan Profil Pelajar Pancasila.

Selanjutnya bagaimana kami mewujudkan Profil Pelajar Pancasila. Profil Pelajar Pancasila mengandung enam dimensi, yaitu : 1) Beriman, bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa dan berakhlak mulia; 2) Mandiri; 3) Bergotong-royong; 4) Berkebinekaan global; 5) Bernalar kritis; 6) Kreatif.

Saat mempelajari modul 1.2, momen yang paling menantang bagi saya adalah berusaha menyelesaikan tugas-tugas di LMS dengan menyesuaikan jadwal mengajar di sekolah serta kewajiban saya sebagai ibu rumah tangga. Selain itu, saya berusaha untuk terus mempelajari keterampilan baru seperti membuat video/presentasi/info grafis/dll melalui canva, juga membuat dan mengunggah konten di youtube dan blogger.

Selain itu, tantangan lain yang dihadapi dalam modul 1.2 ini adalah mengaplikasikan nilai dan peran guru penggerak melalui aksi nyata.


PERASAAN

Perasaan yang saya miliki ketika mempelajari modul 1.2 adalah saya memiliki rasa khawatir apakah nantinya saya benar-benar bisa mengimplementasikan nilai dan peran guru penggerak yang saya miliki. Namun, dengan adanya dukungan dan motivasi dari fasilitator, pengajar praktik, rekan sesama cgp, kepala sekolah, dan seluruh warga sekolah, kekhawatiran dan kesulitan yang saya hadapi insya Allah bisa teratasi.

PEMBELAJARAN

Sebelum mempelajari Modul 1.2 pada Program Pendidikan Guru Penggerak saya belum memahami tentang cara berpikir cepat dan lambat pada otak manusia,  namun setelah mengikuti Pendidikan Guru Penggerak ini saya memahami bahwa otak manusia memiliki cara berpikir cepat dan lambat. Hal tersebut pula yang memengaruhi emosi manusia dan bagaimana manusia dapat tergerak, bergerak, dan akhirnya menggerakkan manusia yang lain. Hingga dapat memunculkan nilai dan peran guru penggerak yang nantinya dapat mewujudkan profil pelajar pancasila dalam diri murid.

PENERAPAN KE DEPAN

Saya berencana menerapkan nilai-nilai  dan peran guru penggerak di sekolah. Sehingga dapat mewujudkan profil pelajar pancasila dalam diri murid.

No comments:

Post a Comment

Jurnal Refleksi Modul 3.3 (3 / terakhir)

  Berikut jurnal refleksi dwi mingguan terakhir. Model refleksi yang saya gunakan adalah Model 4F  (Facts, Feelings, Findings, Future)/4P (P...