1. Reflektif Kritis
Relevansi pemikiran Ki Hadjar Dewantara dalam konteks pendidikan Indonesia khususnya di sekolah saya adalah bahwa pendidikan harus dilandaskan pada tujuan mencerdaskan kehidupan bangsa dan membentuk karakter peserta didik yang cerdas dan beradab sesuai dengan kodratnya sehingga menciptakan pendidikan yang memberikan kemerdekaan belajar bagi siswa dan kemerdekaan mengajar bagi guru.
Sekolah saya menerapkan kesetaraan dalam menerima keberagaman peserta didik, khususnya dalam menerima siswa berkebutuhan khusus. Peserta didik dengan kebutuhan khusus mendapat kesempatan belajar yang sama dengan peserta didik tipikal lainnya dalam satu kelas namun dengan penyesuaian pada aktivitas pembelajaran sesuai kondisi mereka, sehingga peserta didik tersebut juga dapat memiliki hak yang sama dengan peserta didik lain dalam mencapai tujuan pembelajaran.
Sekolah saya saat ini mulai menerapkan kurikulum merdeka dengan konsep mandiri berubah, walaupun belum menjadi sekolah penggerak, sekolah saya tetap berusaha mengimplementasikan kurikulum merdeka. Langkah awal yang dilakukan dengan mengadakan sosialisasi bersama seluruh pendidik tentang implementasi kurikulum merdeka dengan mengundang pengawas sekolah dan pihak dari dinas pendidikan sebagai narasumber, kemudian giat mengikuti pelatihan mandiri bersama rekan pendidik lain di platform merdeka mengajar, sehingga nantinya dapat meningkatkan kompetensi kami dalam menerapkan kurikulum merdeka.
Pada proses pembelajaran pun pendidik di sekolah saya sudah mulai berusaha menerapkan dan membiasakan konsep kurikulum merdeka, salah satunya melaksanakan assesmen awal, belajar dengan menggunakan sumber yang bisa didapat dari mana saja, memanfaatkan teknologi dalam proses pembelajaran, serta melakukan diferensiasi dalam pembelajaran.
Sebagai seorang pendidik, saya sudah mulai menerapkan konsep kurikulum merdeka di sekolah saya, sembari terus belajar dan mengembangkan potensi diri dengan mengikuti sosialisasi dan pelatihan-pelatihan yang ada. Saya mulai berusaha untuk membuat siswa merdeka dalam proses pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran yang menarik serta mengaitkan materi pembelajaran dengan kehidupan nyata mereka. Dalam melaksanakan tugas sebagai pendidik pun dalam kurikulum merdeka saat ini saya tidak terlalu terbebani dengan berbagai administrasi pembelajaran karena modul ajar dapat disesuaikan dengan kebutuhan, yang terpenting bagaimana materi dapat tersampaikan dengan baik dan siswa dapat mencapai tujuan pembelajaran.
2. Harapan dan Ekspektasi
Harapan saya sebagai seorang pendidik setelah mempelajari modul ini adalah saya dapat terus meningkatkan kompetensi diri yang saya miliki sehingga nantinya dapat menjadi teladan bagi peserta didik, menciptakan inovasi-inovasi dalam proses pembelajaran, serta senantiasa dapat menumbuhkan motivasi dalam diri peserta didik.
Harapan yang ingin saya lihat pada diri peserta didik adalah mereka dapat tumbuh dan berkembang sesuai kodratnya, mencapai cita-cita terbaik mereka, sehingga nantinya mereka dapat menjadi manusia yang beradab, berilmu, dan bermanfaat bagi masyarakat
Kegiatan, materi, dan manfaat yang saya harapkan ada dalam modul ini adalah kegiatan tukar pendapat dan berbagi pengalaman nyata selama menjadi pendidik yang pernah dijalani oleh setiap pendidik dalam forum ini sehingga dapat memotivasi dan menumbuhkan semangat baru di dalam diri rekan pendidik yang lain. Materi yang saya harapkan adalah materi mengenai pengelolaan kelas dan media pembelajaran. Manfaat yang saya harapkan setelah mempelajari modul ini adalah kompetensi serta kepercayaan diri sebagai seorang pendidik dalam diri saya dapat lebih meningkat dari sebelumnya
No comments:
Post a Comment